Senin, 10 Desember 2012

"PENGERTIAN AUDIT INTERN"


PENGERTIAN AUDIT INTERN

Pemeriksaaan yang dilakukan oleh bagian audit intern perusahaan terhadap laporan keuangan dan catatan keuangan perusahaan mengenai ketelitian (accuracy);  dapat dipercaya (reliability);efisiensi dan  pengendalian intern pada perusahaan.

  • Pemeriksaan intern (internal audit)à pemeriksaan yang dilakukan oleh bagian internal audit perusahaan, baik terhadap laporan keuangan dan catatan akuntansi, maupun ketaatan terhadap kebijakan manajemen puncak yang telah ditentukan, peraturan pemerintah dan ikatan profesi yang berlaku. 
  • Menurut Institute of Internal Auditor (Boynton, 2001:980)à internal auditing is an independent, objective assurance and consulting activity designed to add value and improve an organization’s operation. It helps an organization accomplish its objectives by ringing a systematic, disciplined approach to evaluate and improve the effectiveness of risk management, control and governance processes.
  • Menurut Milton Stevens Fonorrow (1989)à internal auditing is an appraisal, by trained company employees, of the accuracy, reliability, efficiency and usefulness of company records and internal control (suatu penilaian, yang dilakukan oleh pegawai perusahaan yang terlatih, mengenai ketelitian, dapat dipercayainya efisiensi dan kegunaan dari catatan (akuntansi) perusahaan dan pengendalian intern yang terdapat dalam perusahaan.

TUJUAN AUDIT INTERN
Membantu menajemen dalam melaksanakan tanggung jawabnya dengan memberikan analisa, penilaian, saran dan komentar mengenai kegiatan yang diperiksanya.

KEGIATAN YANG DILAKUKAN AUDITOR INTERN
1.
  • Menelaah dan menilai kebaikan, memadai tidaknya dan penerapan sistem pengendalian manajemen, pengendalian internal dan pengendalian operasional, mengembangkan pengendalian yang efektif dengan biaya yang murah. 
  • Memastikan ketaatan terhadap kebijakan, rencana dan prosedur yang telah ditetapkan manajemen. 
  • Memastikan pertanggungjawaban harta perusahaan dan perlindungan dari kemungkinan adanya pencurian, kecurangan dan penyalahgunaan. 
  • Memastikan pengelolaan data organisasi dapat dipercaya. 
  • Menilai mutu pekerjaan setiap bagian.  
  • Menyarankan perbaikan operasional dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas.

HAL YANG HARUS DILAKUKAN
AUDITOR INTERN
1.
  • Menelaah  dan menilai kebaikan dan memadai tidaknya penerapan sistem pengendalian manajemen, SPI, dan pengendalian operasional lainnya. 
  • Memastikan ketaatan terhadap kebijakan, prosedur dan rencana yang ditetapkan manajemen. 
  • Memastikan seberapa jauh harta perusahaan dipertanggungjawabkan dan dilindungi. 
  • Memastikan pengelolaan data dapat dipercaya. 
  • Menilai mutu pekerjaan tiap bagian. 
  • Menyarankan perbaikan operasional dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektifitas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar