Rabu, 31 Oktober 2012

“Permintaan dan Penawaran”


2. PENAWARAN ( SUPPLY )
A. Pengertian, Hukum Macam-macam Penawaran
Penawaran adalah jumlah keseluruhan barang atau jasa yang dijual atau jasa yang akan dijual atau ditawarkan oleh produsen pada berbagai macam tingkat harga.
Hukum penawaran mengatakan bahwa jumlah barang yang ditawarkan akan selalu terbanding lurus dengan harganya / artinya jika harga barang naik, maka jumlah barang yang ditawarkan bertambah, sebaliknya jika harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan berkurang.
Sedangkan macam-macam penawaran, yaitu :
1. Penawaran Sub Marginal : Penawaran sub marginal adalah penawaran yang dilakukan oleh penjual yang mampu menjual dibawah harga pasar.
2. Penawaran marginal: Penawaran marginal adalah penawaran yang dilakukan oleh penjual yang mampu menjual sama dengan harga pasar.
3. Penawaran Super Marginal: Penawaran super marginal adalah penawaran yang dilakukan oleh penjual yang menjual produknya diatas harga pasar
4. Penawaran Individu: Penawaran individu adalah penawaran yang dilakukan oleh satu individu
5. Penawaran Pasar: Penawaran pasar adalah penawaran yang dilakukan oleh banyak penjual dipasar.
B. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran
1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
2. Tujuan perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
3. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.

4. Ketersediaan dan harga barang pengganti / pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
5. Prediksi / perkiraan harga dimasa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
D. Daftar Penawaran Dan Kurva Penawaran
Suatu daftar penawaran menggambarkan adanya hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang yang akan ditawarkan. Dengan kata lain, adanya hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan berbagai tingkat harga. Anggap saja, bila mempunyai daftar penawaran seperti dibawah ini. Dimana pun pedagang menawarkan sejumlah gula pada harga yang rendah dan sejumlah gula dengan harga lebih tinggi.
Harga dan jumlah gula yag diminta
Harga ( P)
( RP ) Jumlah yang diminta ( S )
( Kg ) Titik
Korespondensi
2.000 1 a
4.000 2 b
6.000 3 c
8.000 4 d
10.000 5 e
12.000 6 f

Dari daftar penawaran di atas, dapat dibuat kurva penawaran sebagai berikut :
P S

12.000 f
10.000 e
8.000 d
6.000 c
4.000 b
2.000 a
0 1 2 3 4 5 6 Q

Kurva Penawaran
E. Fungsi Penawaran
Fungsi penawaran adalah fungsi yang mnunjukkan hubungan antara harga ( P ) dengan jumlah barang ( Q ) yang ditawarkan. Fungsi penawaran harus sesuai dengan hukum penawaran. Sehingga hubungan antara harga barang dengan jumlah barang yang ditawarkan adalha positif atau berbanding lurus.
Bentuk umum fungsi penawaran :

Atau
Keterangan : Q = jumlah barang yang ditawarkan
P = harga barang perunit
a = angka konstanta ( wujudnya angka )
b = gradient atau kemiringan ( yang ada hurufnya )
sedangkan syarat fungsi penawaran adalah :
a. nilai a boleh positif atau negative ( +/- )
b. nilai b harus positif ( + )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar