Rabu, 31 Oktober 2012

“Permintaan dan Penawaran”


PERMINTAAN DAN PENAWARAN
1. PERMINTAAN (DEMAND)

A. Pengertian, Hukum dan Macam-macam Permintaan
Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu.
Hukum permintaan berbunyi, “Jumlah barang yang diminta akan selalu berbanding terbalik dengan harganya, artinya jika harga barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan berkurang, dan jika harga barang turun, maka jumlah barang yang diminta akan bertambah.
Sedangkan macam – macam permintaan adalah :
1. Permintaan efektif atau permintaan potensial adalah permintaan terhadap suatu barang yang disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut.
2. Permintaan absolute adalah permintaan terhadap suatu barang yang tidak disertai dengan kemampuan untuk membayar harga barang tersebut.
B. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan
1. Perilaku konsumen / selera konsumen
Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
3. Pendapatan / penghasilan konsumen
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.
4. Perkiraan harga dimasa depan
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.

C. Daftar Permintaan dan Kurva Permintaan

Daftar permintaan menyatakan hubungan antara berbagai kemungkinan harga-harga (P=price) dan jumlah (Q=quantity) barang atau jasa yang diminta pada harga tersebut.
Perhatikan table daftar permintaan
Harga ( P)
( RP ) Jumlah yang diminta ( Q )
( potongan ) Titik
Korespondensi
12.000 1.000 a
10.000 2.000 b
8.000 3.000 c
6.000 4.000 d
4.000 5.000 e
2.000 6.000 f

Misalnya harga baju Rp. 12.000 per potong, jumlah yang diminta hanya 1.000 potong per tahun. Semakin murah harganya, maka jumlah yang diminta meningkat ( sesuai dengan hukum permintaan ).

Dari daftar permintaan, kita gambar suatu grafik yang merupakan kurva permintaan. Kurva permintaan merupakan tempat kedudukan titik-titik yang menunjukkan hubungan antara berbagai tingkat harga dengan berbagai jumlah barang. Ahli ekonomi menempatkan harga pada sumbu vertical dan jumlah barang yang diminta pada sumbu horizontal.

Kurva permintaan

P D

a

12.000 b
10.000 c
8.000 d
6.000 e
4.000 f
2.000 D Q
1.000 2.000 3.000 4.000 5.000 6.000

Keterangan :

Garis miring DD’ adalah kurva permintaan
Sumbu P adalah tingkat harga
Sumbu Q adalah jumlah barang yang diminta

D. Fungsi Permintaan

Fungsi permintaan adalah fungsi yang menunjukkan hubungan antara variable harga (P) dengan variable barang (Q) yang diminta. Bentuk umum fungsi permintaan adalah :

Atau
Keterangan : Q = jumlah barang yang diminta

P = Harga barang perunit
a = angka konstanta ( wujudnya berupa angka )
b = gradient atau kemiringan ( yang ada hurufnya )

1 komentar: